Selasa, 04 Maret 2014

Tim Riset Telemetri dan Telekontrol - Teknik Fisika UGM



Assalamualaikum teman-teman :)
Beberapa hari yang lalu aku baru gabung nih dengan Tim Riset Telemetri dan Telekontrol di Teknik Fisika UGM :D
Wah apa tuh? Jadi, di Teknik Fisika UGM terdapat satu tim riset dan penelitian yang berfokus pada pengukuran dan pengendalian jarak jauh.. 
Nah, project-project yang dibuat oleh tim riset ini berorientasikan untuk kebermanfaatan di masyarakat, sahabat :)
Sebagai anggota yang baru bergabung di tim riset ini, kita dapet hadiah (red : tugas) pertama nih, yaitu membuat esai tentang komunikasi data.. :)

Handphone : Akibat Manusia yang Kian Canggih

Di Zaman modern saat ini, manusia semakin canggih. Ya, teknologi yang semakin canggih adalah akibat dari kebutuhan manusia dan tingkat pemenuhan menuju kepuasan yang semakin meningkat memaksa manusia berpikir keras untuk dapat memenuhi kebutuhan/keinginan tersebut. Dahulu ketika ingin berkomunikasi dengan seseorang yang terpisah oleh jarak yang jauh, surat menjadi jalan agar dapat memenuhi hasrat untuk sekedar menanyakan kabar. Tetapi, saat ini untuk berkomunikasi dengan seseorang yang jauh bahkan di belahan bumi yang berbeda pun dapat dengan mudah kita rasakan. Handphone, internet, telah menampakkan segala manfaatnya yang seolah-olah telah menghilangkan kenyataan tentang jauhnya jarak.
Bagaimana hal itu bisa terjadi? Pertama-tama harus kita ketahui mengenai “Komunikasi Data”. Pada dasarnya, komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman) antardevice yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas. Saat ini komunikasi data tidak hanya dapat dilakukan oleh komputer dengan komputer, tetapi juga dengan peralatan komunikasi lain yang mendukung untuk melakukan komunikasi data. Terdapat tiga bentuk komunikasi elektronik, yaitu komunikasi suara, komunikasi berita dan gambar. Pada tulisan ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai komunikasi suara tepatnya tentang komunikasi telepon (handphone).
Handphone (telepon seluler) merupakan teknologi hasil perpaduan antara teknologi telepon dengan teknologi radio, tetapi dalam perkembangannya teknologi komputer juga masuk pada teknologi telepon seluler ini.
Handphone bekerja dengan mengandalkan sinyal yang dipancarkan dari sebuah pemancar dengan frekuensi tertentu. Untuk membagi-bagi daerah agar terdapat frekuensi yang merata pada daerah tersebut maka sebuah daerah atau kota dibagi menjadi seperti sebuah irisan yang digambarkan sebagai irisan berbentuk hexagonal atau disebut dengan sel (cell). Masing-masing sel tersebut dapat mempunyai frekuensi sebanyak 800 dan mempunyai cakupan kisaran sekitar 26 kilometer bujur sangkar. Sel-sel tersebut memiliki sebuah Base Transmission Station ( BTS ), yang terdiri dari sebuah menara dan sebuah bangunan berisi perlengkapan pemancaran dan penerimaan sinyal telepon. BTS inilah yang akan melayani setiap panggilan telepon selular, menerima sinyal, mengolah, dan kemudian menghubungkan ke nomor yang dituju.
Ketika seseorang berbicara di telepon seluler, pesan suara akan di konversi menjadi gelombang radio. Gelombang radio berjalan melalui udara sampai ke BTS terdekat. BTS kemudian akan mengirimkan panggilan ke jaringan komunikasi pada penerima yang dituju. Di bawah baterai handphone terdapat microchip yang dikenal dengan nama SIM (Subcriber Identification Module) Card. Chip ini berfungsi untuk menyimpan konfigurasi telepon dan informasi tentang telepon. Pada handphone terdapat berbagai aplikasi dan fitur yang dapat memudahkan kegiatan kita. Diantaranya fasilitas SMS, GPRS, Bluetooth dan lainnya tergantung pada jenis handphone. Semakin canggih suatu handphone maka semakin banyak fitur dan aplikasi yang di tawarkan.
Referensi :
Tulisan inilah yang dapat dipersembahkan
dari seorang yang masih butuh banyak bimbingan
Suci Wulandari
Teknik Fisika 2013

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

"Saya tidak tahu apakah ini adalah langkah terakhir saya."